Gelombang Mekanik Beserta Pengelompokan dan Perumusannya


Pos ini lanjutan dari Getaran Penyebab Gelombang. Getaran yang timbul akibat misalnya sebuah batu kecil (kerikil) dijatuhkan ke permukaan air yang tenang pada kolam, akan merambat menjauhi titik jatuh batu sampai pada akhirnya mencapai pinggir kolam. Kita sebut getaran yang merambat ini sebagai gelombang. Gelombang ini memang bergerak dari satu tempat ke tempat lain, namun air itu sendiri tidak berpindah bersama gelombang.

Gelombang Mekanik - Gelombang Transversal

Kita bisa mempraktikkannya sebagai berikut: taruh lah benda yang dapat terapung, misalnya stereofoam di antara titik jatuh kerikil dengan tepi kolam. Saat gelombang berjalan dari titik jatuh kerikil lalu mengenai stereofoam menuju ke tepi kolam, foam tersebut hanya terombang ambing bergerak naik turun, tidak ikut bergerak ke pinggir.

Pengelompokan Gelombang

Sejak SD kita sudah belajar gelombang, semoga tidak lupa, bahwa berdasar sifat fisisnya, gelombang dikelompokkan menjadi beberapa hal, yaitu:

Berdasar arah getar
  • Gelombang Transversal
    Yaitu gelombang yang arah getarnya tegak lurus terhadap arah perambatannya. Contohnya gelomabng pada tali, gelombang permukaan air, dan gelombang cahaya. Gambar di atas adalah contoh gambaran gelombang transversal.

  • Gelombang Longitudinal
    Yaitu gelombang yang arah getarnya searah dengan arah rambatannya. Misalnya gelombang bunyi.

Berdasarkan amplitudonya
  • Gelombang Berjalan
    Yaitu gelomabng yang amplitudonya tetap di setiap titik yang dilalui oleh gelombang tersebut. Misal gelombang yang merambat pada tali yang sangat panjang.
  • Gelombang diam atau Gelombang Stasioner
    Yaitu gelombang yang tebatasi ujung - ujungnya sehingga bergerak bolak – balik sehingga amplitudonya berubah – ubah. Oh iya, amplitudo sendiri adalah simpangan getaran yang paling besar.

Berdasarkan medium perambatannya
  • Gelombang Mekanik
    Yaitu gelombang yang memerlukan medium untuk merambat. Tanpa medium getaran tidak akan merambat sehingga tidak menjadi gelombang. Contoh gelombang mekanik adalah gelombang bunyi. Suara dapat kita dengar hanya jika ada medium berupa udara. Tanpa udara, orang yang saling komunikasi oral meskipun berdekatan tidak akan saling dengar. Contoh lainnya, getaran gempa dapat berjalan sampai ratusan kilo meter karena melewati medium berupa tanah dan bebatuan.

  • Gelombang Elektromagnetik, biasa disingkat EM
    Yaitu, gelombang yang tidak memerlukan medium perambatan. Contohnya gelombang cahaya. Sebagaimana kita ketahui dari pembahasan Kosmos ini, sebagian besar ruang di kosmos atau alam semesta ini berupa ruang hampa, tanpa ada partikel berupa gas sekali pun. Namun tanpa udara pun cahaya matahati dapat sampai ke bumi dari matahari hanya dalam waktu delapan menit.

Terdapat empat besaran dasar gelombang yang wajib diketahui apabila kita ingin lancar memahami pembahasan tentang gelombang, yaitu $frekuensi$ $f$, $periode$ $T$, $panjang$ $gelombang$ $\lambda$, dan $cepat$ $rambat$ $gelombang$ $\nu$. Keempat besaran tersebut memenuhi persamaan: \[\nu=\lambda f=\frac{\lambda}{T}\]

Next CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN GELOMBANG

Referensi [2]

Gelombang Mekanik Beserta Pengelompokan dan Perumusannya