Meramal Sambaran Petir Untuk Meminimalisir Dampak Kerusakan

Petir punya daya hancur yang sangat besar. Bagi manusia bahkan bisa mematikan. Di dalam laboratorium tegangan tinggi, para peneliti menciptakan petir buatan. Di sini dapat terlihat dampak yang ditimbulkan. Petir buatan di laboratorium sama kuatnya seperti di alam. Bertegangan beberapa ratus ribu volt, dan bersuhu 30.000 °C, 5 kali lipat lebih panas dari suhu di permukaan matahari. Dari kawat yang diujicoba, yang tersisa hanya asap.

Wolfgang Zischank, Peneliti Petir
Sambaran petir tetap menjadi masalah. Banyak rumah tidak terdapat pelindung sambaran petir. Kebakaran kerap terjadi, juga kerusakan lain. Masalah yang mendesak adalah kerusakan instalasi listrik akibat induksi tegangan tinggi petir.

Efek Sambaran Petir

Meramal Sambaran Petir Untuk Meminimalisir Dampak Kerusakan
Ilmuan ingin melindungi bangunan dan peralatan teknis dengan lebih baik akibat sambaran petir. Kadang alat elektronik terganggu walaupun tidak tersambar langsung oleh petir. Misalnya instalasi alarm.

Saat petir menyambar, terbentuk medan elektromagnetik. Ini menimbulkan induksi tegangan tinggi pada peralatan elektronik. Dan menyebabkan gangguan fungsi, seperti pada alarm. Tapi bisa juga menyebabkan alat elektronik rusak total.

Meramal Sambaran Petir, Meminimalisir Dampak


Sekarang ada antena yang mengenali petir. Dinas  peringatan sambaran petir memberikan laporan kilat jika meramalkan cuaca buruk dan mengirim secara otomatis, peringatan sebagai email, sms atau fax kepada para pelanggan.

Misalnya instalasi industri pelabuhan udara dan rumah sakit bisa mengambil tindakan pengamanan. Mereka yang berolah raga dalam area terbuka, misalnya di padang golf, lapangan sepak bola, juga bisa mencari perlindungan.

Lewat komputer, petir bisa dilacak lokasinya secara otomatis. Dicatat dan diukur. Juga data dari negara - negara sekitar dimasukkan ke dalam sistem penghitungan.

Stephan Thern- Insinyur Listrik
Petir diukur lewat antena terestrial. Berfungsi seperti pesawat radio, menerima sinyal elektro magnetik petir. Percatatan akurat saat petir mengenai antena bisa melacak di mana lokasi petir.

Dengan bantuan petir yang sudah menyambar, bisa dilihat arah pergerakan cuaca buruk. Peringatan dini amat penting, karena petir bisa menyambar sebelum awan gelap tampak. Di seluruh dunia, tercipta dua ribu cuaca buruk setiap jamnya.


Meramal Sambaran Petir Untuk Meminimalisir Dampak Kerusakan