Sifat Kemagnetan Bahan : Feromagnetik, Paramagnetik, Diamagnetik

Sebagaimana telah kita ketahui sebelumnya, bahwa arus listrik dapat menimbulkan medan magnet di sekitarnya. Ini sama seperti magnet permanen. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar fisika tentang Sifat Kemagnetan Bahan.

Sebuah solenoida yang dialiri arus listrik analog dengan (seperti) magnet batang. Sehingga sifat kemagnetan bahan berkaitan dengan arus listrik (atau aliran muatan).

Kita juga telah mengenal bahwa suatu bahan merupakan kumpulan atom. Atom sendiri terdiri dari inti bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif. Elektron ini mengelilingi inti, sehingga merupakan arus listrik yang bergerak melingkar.

Sifat Kemagnetan Bahan : Feromagnetik, Paramagnetik, Diamagnetik


Disamping itu, elektron - elektron di dalam atom juga melakukan gerak rotasi. Sains mengenalnya dengan sebutan Gasing Elektron atau Spin Elektron. Pada suatu atom, spin elektron ada yang berpasangna dan ada juga yang tidak berpasangan.

Nah, kemagnetan bahan ditentukan oleh spin elektron dan gerak elektron yang mengelilingi inti. Spin elektron membentuk momen magnetik yang merupakan magnet - magnet kecil. Oleh karena itu lah, spin elektron berpasangan tidak menimbulkan sifat keagnetan. Hal ini disebabkan spin elektron berlawanan sehingga saling meniadakan.

Sedangkan spin elekron yang tidak berpasangan bersifat sebagai magnet kecil. Magnet sendiri merupakan gabungan dari spin elektron yang arah spinnya sama. Arah spin yang dimaksud yaitu arah utara - selatan. Jadi yang arah utara - selatannya sama.

Bahan yang didekatkan menuju magnet akan memiliki sifat respon yang berbeda. Terdapat bahan yang dapat ditarik oleh amgnet dengan sangat kuat, ada pula yang lemah, bahkan ada yang ditolak.

Berdasar respon ini, bahan dikelompokkan menjadi tiga, yaitu bahan feromagnetik, bahan paramagnetik dan bahan diamagnetik.

Bahan feromagnetik adalah bahan yang mudah ditarik dengan kuat oleh magnet. Bahan paramagnetik ditarik dengan lemah, sedangkan bahan diamagnetik tertolak oleh magnet.

Sifat Kemagnetan Bahan : Feromagnetik, Paramagnetik, Diamagnetik