Cermin Cembung & Cermin Cekung - Soal dan Pembahasan

Sebuah benda berada pada jarak 10 cm di depan cermin lengkung yang mempunyai fokus 6 cm. Tentukan jarak bayangannya jika:

(a) Cermin Cembung
(b) Cermin Cekung


Pembahasan:



Sifat-sifat pencerminan oleh cermin cembung, bayangan bersifat maya, tegak dan diperkecil. Sedangkan sifat-sifat pencerminan oleh cermin cekung, bayangan bersifat nyata, terbalik.

Cermin cembung memiliki jarak titik fokus $f$ = - 6 cm. Benda berada pada jarak $s$ = 10 cm. Berdasarkan Dalil Esbach, benda berada pada Ruang 4, maka bayangannya berada pada Ruang 1. Artinya 4 menjadi 1, atau diperkecil.

Cermin cekung memiliki jarak titik fokus $f$ = 6 cm. Benda berada pada jarak $s$ = 10 cm. Berdasarkan Dalil Esbach, benda berada pada Ruang 2, maka bayangannya berada pada Ruang 3. Artinya 2 menjadi 3, atau diperbesar.

(a) Gunakan persamaan $\frac{1}{f}=\frac{1}{s}+\frac{1}{s'}$ , di mana $f$ bernilai negatif untuk cermin cembung, diperoleh  \[s'=\frac{(s)(f)}{(s)-(f)}=\frac{(10)(-6)}{(10)-(-6)}=\frac{-60}{16}=-3,75\] .
$s’$ = - 3,75 cm artinya sifat bayangan berada 3,75 cm di belakang lensa (bayangan maya), diperkecil dan tegak


(b) Gunakan persamaan $\frac{1}{f}=\frac{1}{s}+\frac{1}{s'}$ , di mana $f$ bernilai positif untuk cermin cekung, diperoleh  \[s'=\frac{(s)(f)}{(s)-(f)}=\frac{(10)(6)}{(10)-(6)}=\frac{60}{4}=15\] .
$s’$ = 15 cm artinya sifat bayangan berada 15 cm di depan lensa (bayangan nyata), diperbesar dan terbalik.

Terima kasih sudah ke sini untuk membaca dan belajar fisika. Jangan ragu untuk menyukai posting blog, berlangganan blog dan berkomentar untuk berinteraksi lebih dengan saya. Selamat belajar ya. Thank you for coming here to read and study physics in this blog. Feel free to like, subscribe and comment. Have a nice learning.

Cermin Cembung & Cermin Cekung - Soal dan Pembahasan