-->

Energi Kinetik dan Prinsip Usaha – Energi (bagian 2)

Selamat datang di blog Metode Fisika. Terima kasih sudah ke sini untuk membaca dan belajar fisika. Jangan ragu untuk menyukai posting blog, berlangganan blog dan berkomentar dapat agar berinteraksi lebih dengan saya. Selamat membaca ya. 

Welcome To Metode Fisika Blog. Thank you for coming here to read and study physics in this blog. Feel free to like, subscribe and comment. Have a nice reading.

Hubungan antara usaha dan energi \[W_{\textrm{Total}}=EK_{2}-EK_{1}\] atau \[W_{\textrm{Total}}=\Delta{EK}\]
Dapat dijelaskan dengan kata-kata
“Usaha total yang dilakukan pada sebuah benda sama dengan perubahan energi kinetiknya”
Ini merupakan prinsip usaha – energi. Bagaimanapun, perhatikan bahwa kita menggunakan hukum Newton ke dua, FTotal = m a, di mana FTotal adalah gaya total –jumlah semua gaya yang bekerja pada benda tersebut. Dengan demikian, prinsip usaha—energi hanya berlaku jika W adalah usaha total yang dilakukan pada benda –yaitu, usaha yang dilakukan oleh semua gaya yang bekerja pada benda tersebut.

Prinsip usaha—energi memberitahu kita bahwa jika usaha total (positif) W dilakukan pada sebuah benda, energi kinetiknya bertambah sejumlah W. Prinsip ini juga berlaku untuk situasi sebaliknya; jika usaha negatif W dilakukan pada benda, energi kinetik benda berkurang sejumlah W. Artinya gaya total yang diberikan pada benda dengan arah yang berlawanan dengan arah gerak benda mengurangi lajunya dan energi kinetiknya.

Perhatikan bahwa sementara energi kinetik translasi ( = ½ m v2 ) berbanding lurus dengan massa benda, besaran ini berbanding lurus juga dengan kuadrat kecepatan. Dengan demikian, jika massa digandakan, energi kinetik menjadi dua kali lipat. Tetapi jika kecepatan digandakan, energi kinetik bertambah emapt kali lipat, dan dengan demikian bisa melakukan usaha empat kali lipat.

Karena adanya hubungan langsung antara usaha dan energi kinetik, energi dinyatakan dengan  satuan yang sama dengan usaha, joule. Dalam satuan SI atau setara dengan kg m2/s2. Seperti usaha, energi kinetik merupakan besaran skalar. Energi kinetik dari sekumpulan benda merupakan jumlah aljabar dari energi kinetik masing-masing benda tersebut.

Bersambung ke Energi Potensial



Energi Kinetik dan Prinsip Usaha – Energi (bagian 2)