Heboh Matahari Terbit dari Utara, Apa yang Sebenarnya Terjadi ?

Salah satu pertanyaan paling sederhana dalam navigasi alami adalah: 'Ke arah mana matahari terbit?' Jawaban yang kebanyakan orang berikan dengan yakin adalah, 'Timur!', tetapi anehnya jawaban ini benar dan salah pada saat yang bersamaan. 


Matahari terbit dari arah Timur persis hanya pada dua hari dalam setahun, yang disebut posisi ekuinoks, sekitar 21 Maret dan 22 September setiap tahunnya. Setiap hari lain sepanjang tahun, 'posisi' matahari bergeser ke arah dan tentunya tempat lain. 


Tapi ke mana dan mengapa?


Jawabannya terletak pada kemiringan Bumi saat bergerak mengelilingi matahari. 


Pada hari pertengahan musim panas di belahan bumi utara, sekitar tanggal 21 Juni setiap tahun (titik balik matahari musim panas), Kutub Utara sangat miring ke arah matahari. Inilah sebabnya mengapa musim panas di belahan bumi utara dan musim dingin di selatan. 


Pada hari pertengahan musim dingin, sekitar tanggal 22 Desember setiap tahun (titik balik matahari musim dingin), Kutub Selatan sangat miring ke arah matahari.

Pergerakan Bumi
Pergerakan Bumi mengitari Matahari


Ini berarti bahwa di tengah musim panas Inggris, ketika Kutub Utara lebih miring ke arah matahari, matahari akan terbit di utara timur, dekat dengan timur laut di Inggris pada akhir Juni. 


Demikian pula pada akhir Desember akan naik lebih dekat ke tenggara daripada timur. 


Perbedaan antara arah matahari terbit di pertengahan musim panas dan pertengahan musim dingin adalah 90 derajat!


Saat menjelang matahari terbenam, kutub masih miring dengan cara yang sama seperti di pagi hari dan pada pertengahan musim panas matahari terbenam di dekat barat laut, dan di pertengahan musim dingin terbenam di dekat barat daya.


Arah matahari terbit dan terbenam yang tepat ditentukan oleh garis lintang dan waktu pengamat. Semakin besar garis lintang pengamat dan semakin dekat dengan salah satu titik balik matahari, posisi matahari akan terlihat semakin jauh dari arah tepat timur saat terbit dan tepat barat saat terbenam. 


Jika pengamat berada pada wilayah yang lebih ekstrim jauh dari khatulistiwa, seperti di Arktik, maka di Lingkaran Arktik pada bulan Juni matahari terbit begitu jauh di utara timur dan terbenam begitu jauh di utara barat sehingga titik-titik ini benar-benar tumpang tindih – dengan kata lain matahari tidak terbenam.


Maret adalah bulan ekuinoks dan matahari akan terbit sangat dekat dari arah persis timur dan terbenam dari arah tepat barat di mana-mana di dunia. 


Perhatikan ilustrasi bawah ini. Yaitu ilustrasi ringkasan posisi semu Matahari oleh karena kemiringan Bumi yang selalu berubah setiap saat. Juni posisi semu matahari cenderung lebih ke arah utara. Desember cenderung ke arah selatan. Lalu pada Maret dan September, sekitar tanggal 22 lah posisi matahari tepat arah timur.

Arah Matahari Terbit
Arah Matahari Terbit, cenderung dari 'Utara' pada Bulan Juni, dari Timur pada Bulan Maret dan September, dan dari Selatan pada Bulan Desember


Kesimpulannya adalah :

Arah matahari terbit yang tepat tergantung pada waktu tahun dan garis lintang pengamat. Semakin jauh dari khatulistiwa, pengamat akan mendapati bahwa semakin jauh dari Timur dan Barat matahari akan terbit dan terbenam pada bulan Juni dan Desember.

Heboh Matahari Terbit dari Utara, Apa yang Sebenarnya Terjadi ?